Mudahnya Mencari Kuliner Nusantara di Malang

DSCF0889

Kuliner nusantara bagi saya masih menjadi primadona makanan yang tak tergantikan kelezatannya. Apalagi masing-masing daerah punya keragaman citarasa yang tak sama, sehingga kalau makan masakan yang kurang sedikit saja bumbunya, rasanya sudah hambar dan membunuh selera.

Lebih-lebih bagi yang punya lidah paten. Pergi ke mana-mana bawaannya rindu terus masakan rumah. Sajian bikinan ibu tentunya. Hal itulah yang sedang dialami beberapa teman rantau yang lama tinggal di Malang.

Jauh dari tanah kelahiran membuat mereka rindu akan masakan asli kampung halaman. Mulanya, saya hanya ingin membagikan informasi ini secara verbal ke mereka. Namun, setelah saya pikir-pikir, menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan sepertinya lebih berimbas global. Siapa tahu ada lebih banyak orang yang membutuhkan?

Nah, dari sekian referensi kuliner nusantara di Malang yang pernah saya kunjungi, berikut ini termasuk yang cukup rekomendasi.

Kuliner Makassar

Makassar punya banyak kuliner enak. Selain coto Makassar dan sop Konro, kamu bisa coba sarabba, jalangkote, kue barongko, es pisang hijau hingga es pallu butung. Tanpa perlu jauh-jauh ke Makassar, kamu yang berada di Malang pun bisa mencicipi semua kuliner khas Makassar tersebut. Tinggal kunjungi Warung Coto Makassar Losari yang beralamat di Jalan Terusan Candi Mendut 17F, Lowokwaru, Malang. Tempat makan ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai 10 malam.

Kuliner Tasikmalaya

A post shared by indra (@indraayahnyaharith) on

Kamu bisa mencicipinya di Bubur Ayam Abah Odil. Kedai makan ini punya tiga cabang. Pertama, ada di Ruko Griya Shanta MP48, Jalan Soekarno-Hatta Malang. Ada lagi di Jalan Candi Panggung No. 9, Lowokwaru, Malang. Serta yang ketiga berlokasi di Royal ATK Food Court, Jalan Ciliwung No. 2 Blimbing Malang. Bubur Ayam Abah Odil buka saban hari dari mulai jam 6 pagi sampai 9 malam.

Kuliner Palembang

Boleh dibilang kuliner Palembang bersaing ketat dengan kuliner Padang dalam melakukan ekspansi di kota Malang. Bahkan, saat membahas makanan khas Palembang, pempek pun tak luput disebutkan. Di Malang, kamu bisa mengenyangkan perut dengan beragam makanan khas Palembang di Dapur Palembang. Alamatnya di Jalan Indragiri, Blimbing, Malang dengan jam buka setiap hari kecuali hari senin, mulai jam 11 siang sampai 7 malam. Selain pempek, kamu bisa coba otak-otak, tekwan, model, lenggang, laksan, hingga es kacang merah yang enak itu.

Kuliner Medan (Batak)

A post shared by BatakResto (@batakresto) on

Bagi orang Batak yang sedang merantai atau liburan lama di Malang juga tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengobati kerinduanmu akan masakan Batak di Batak Resto yang beralamat di Jalan Bela Negara Ruko Kav. 55-56, Blimbing, Malang. Menu-menu yang ditawarkan mulai olahan daging babi, ikan mas, hingga ikan teri Medan yang dibumbui dengan bumbu khas Sumatera Utara. Apalagi kalau bukan andaliman. Batak Resto buka setiap hari mulai jam 10 pagi sampai 6 malam.

Kuliner Madura

A post shared by Nasi Cumi Hitam (@nasicumi) on

Ada banyak kuliner khas Madura yang bisa dijumpai di Malang. Kamu bisa mencoba Nasi Cumi Hitam Pak Kris yang beralamat di Jalan Galunggung No. 67J, Klojen, Malang. Menu cumi hitam masak tradisional khas Madura, disajikan dengan nasi punel, mie, serundeng, sambal mangga muda dan rempeyek udang. Jam bukanya mulai jam 5 sore sampai 9 malam dari hari senin sampai sabtu.

Selain nasi cumi hitam, kuliner asli Madura lainnya yang tak kalah enak di Malang adalah nasi bhug. Kamu bisa datang ke Depot Barokah Nasi Bhug yang berada di ruko Borobudur Megah no.4, jalan Soekarno Hatta Malang. Buka saban hari mulai jam 6.30 pagi sampai 5 sore.

Kuliner Sidoarjo

Sidoarjo memang identik dengan Lumpur Lapindo, tetapi jangan salah, kota satelit Surabaya ini punya kuliner khas, yaitu kupang lontong. Kabar baiknya, kupang lontong khas Sidoarjo bisa kamu jumpai di Malang. Tepatnya di Kupang Lontong Cipto. Depot ini beralamat di Jalan Candi Bajang Ratu No 36 Blimbing, Malang. Adapun jam bukanya setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Kuliner Banjarmasin

Lagi ingin menikmati kuliner Banjarmasin tetapi sedang di Malang? Tenang, kamu bisa mampir di Soto Banjar. Alamatnya berada di ruko Soekarno Hatta Indah No. A11, jalan Borobudur, Malang. Kamu bisa mencoba kelezatan soto banjar di sini setiap hari mulai jam 8 pagi sampai 9 malam.

Kuliner Surabaya

A post shared by Octa Hari Asmara (@octacatic) on

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, nama Surabaya cukup populer di nusantara. Bukan saja wisata sejarahnya, Surabaya juga tersehor beragam kulinernya. Sebut saja rujak cingur. Jika kamu sedang ngidam atau ingin sekali menikmatinya, sementara sedang berada di Malang, kamu bisa datang ke Warung Ening Eco. Alamatnya di Jalan Cengger Ayam 1 kav 1, Lowokwaru, Malang. Waktu bukanya mulai jam 6 pagi sampai 5 sore.

Rekomendasi rujak cingur kedua adalah Rujak Cingur Kaliurang yang beralamat di Jalan Melati No. 42, Lowokwaru, Malang. Kamu bisa datang ke sana setiap hari kecuali hari senin, mulai jam 9 pagi sampai 4 sore.

Sementara jika kamu ingin menyantap rawon khas Surabaya, datang saja ke Warung Rawon Dinoyo Pak Ramelan. Meski ukuran warung yang tepat berada di depan Mal Dinoyo City di Jalan MT Haryono Malang ini kecil, tetapi rasa rawonnya cukup mantap dan bersahabat di kantong. Waktu bukanya mulai jam 6 pagi sampai 9 malam.

Kuliner Kabupaten Malang

Sejatinya Malang Raya dibagi menjadi 3 daerah administratif pemerintahan. Selain Kota Malang dan Kota Batu, ada juga Kabupaten Malang yang terkenal dengan pantainya. Nah, saat kamu main-main ke Kabupaten Malang, ada baiknya mencoba kuliner khas sana. Salah satunya adalah menthok pedas. Di antara warung makan yang cukup rekomendasi menjajakan menthok pedas adalah Warung Capung 2 yang beralamat di Jalan Wendit Barat Raya No 28A, Pakis, Kabupaten Malang. Buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai 8.30 malam.

Kuliner Bali

Jika ingin menikmati kuliner Bali di Malang, kamu bisa datang ke Warung Seruni Masakan Bali. Ada banyak pilihan olahan makanan asli Bali, seperti sate lilit ayam, nasi jinggo, hingga aneka sajian berbahan dasar babi. Tempat makan ini beralamat di Jalan WR Supratman No 2 Kav F, Klojen Malang. Adapun jam bukanya setiap hari, kecuali senin, mulai jam 8 pagi sampai 4.30 sore.

Pilihan kedua ada di Semanggi Singhasari yang beralamat di River Side Blok E No. 604 Jl A Yani Utara, Blimbing, Malang. Ada paket nasi jinggo khas Bali yang layak disantap, seperti paket ayam betutu Gilimanuk, paket ayam sisit Bali hingga paket ayam Belacang. Restoran ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 9 malam.

Kuliner Gresik

A post shared by Yaya Achmad (@yayaachmad) on

Salah satu makanan asli Gresik yang cukup ramai mengekspansi daerah lain ada nasi krawu. Ciri utama dari nasi krawu ini adalah hadirnya serundeng atau sangrai parutan kelapa lengkap dengan dendeng daging. Di Malang, nasi krawu yang cukup rekomendasi ada di Warung Bu Adam. Alamatnya ada di Jalan Sendang Biru, Klojen, Malang buka setiap hari mulai jam 7 pagi sampai 11 siang.

Kuliner Jakarta (Betawi)

Rindu kuliner Betawi tetapi sedang di Malang? Tidak perlu bimbang. Kamu bisa datang ke rumah makan Nasi Gunung. Selain menyajikan nasi gunung yang tak lain menu spesialnya, kamu juga bisa menyantap nasi uduk komplit khas Betawi. Alamatnya berlokasi di Ruko Permata Jingga No. 6, Jalan Puncak Borobudur, Lowokwaru, Malang. Rumah makan Nasi Gunung ini buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai 5 sore saja.

Sementara kalau ingin mencicipi olahan jengkol khas Betawi, bisa datang di warung Masakan Jakarta: Spesialis Jengkol & Nasi Uduk yang beralamat di Jalan Candi Panggung, Lowokwaru Malang. Warung ini buka setiap hari, kecuali hari senin, mulai jam 9 pagi sampai 3 sore.

Sedangkan jika ingin mencicipi ketoprak dan soto Betawi bisa datang ke kedai Gado-Gado dan Ketoprak Jakarta 88. Alamatnya di Jalan Pandan N0. 4 Klojen, Malang. Untuk jam bukanya mulai pukul 8 pagi sampai 3.30 sore.

Kuliner Kediri

A post shared by @hobimakanenak on

Kediri terkenal dengan pecel sambal tumpangnya. Untungnya, tanpa jauh-jauh ke Kediri, kamu bisa mencicipi nasi pecel sambal tumpang milik Bu Yati. Namun, Bu Yati tak punya warung tetap, melainkan berjualan ala food truck. Kamu hanya perlu menyusuri Jalan Soekarno Hatta Malang mulai pukul 6 pagi sampai 12 siang. Biasanya food truck Bu Yati ada di sepanjang jalan tersebut setiap hari.

Kuliner Manado

Jika kamu jalan-jalan ke Malang Town Square (MATOS), tak ada salahnya mencoba kuliner khas Manado di sana. Tepatnya di Foodcourt lantai 3 MATOS, ada Warung Baku Dapa Manado. Beragam kuliner Manado, seperti ayam dan cakalang woku, sambal dabu-dabu dan cakalang rabe-rabe bisa kamu temukan di sana. Warung ini buka setiap hari mulai jam 10 pagi sampai 9 malam, atau mengikuti jam operasional mal.

Kuliner Manado juga bisa kamu cicipi di Woku-Woku Manado. Jika kamu pergi ke Kota Batu, bisa mampir di kedai yang beralamat di Ruko Griya Taman Asri, Jalan Ir Soekarno No 205, Junrejo, Batu. Buka setiap hari kecuali hari Selasa, mulai jam 9.30 pagi sampai 8.30 malam.

Kuliner Yogyakarta

A post shared by Aulia Sari (@auliasari_) on

Di Malang kamu juga bisa mengobati kerinduan makan gudeg khas Yogyakarta juga lho. Mampir saja ke Gudeg Bu Harman yang beralamat di Jalan Terusan Kawi No.9 Kav. D-F, Klojen, Malang. Ada menu gudeg komplit yang bisa kamu pesan. Adapun jam bukanya mulai pukul 8 pagi sampai 9 malam.

Selain gudeg, kuliner Yogyakarta yang bisa kamu coba di Malang adalah Ayam Ingkung Bu Sutini. Alamatnya di Danau Bratan Raya H1B42, Kedungkandang, Malang. Adapun bukanya adalah setiap hari mulai jam 11 pagi sampai 9 malam.

Kuliner Lamongan

Selain lalapannya, kuliner Lamongan yang cukup terkenal adalah tahu campur. Nah, pusat tahu campur yang cukup nikmat dan rekomendasi untuk dicoba adalah Tahu Campur Lamongan Pak Kumis. Alamatnya di Jalan MT Haryono, Lowokwaru, Malang. Sedangkan jam operasionalnya setiap hari mulai jam 12 siang sampai 9 malam.

Kuliner Aceh

A post shared by Rifa (@maulidaarifah) on

Boleh dibilang cukup banyak kuliner Aceh yang bertebaran di Malang. Namun, yang cukup rekomendasi menurut saya, karena kualitas rasa tentunya, adalah Kedai Pak Cik Abin. Ada beberapa kedai, tetapi yang cukup terkenal di Jalan Bendungan Sigura-gura Barat No. 30A. Sajian utamanya adalah mie dan nasi goreng Aceh. Kedai ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai 10 malam.

Kuliner Padang

A post shared by tata fauzie (@fanitafauzie) on

Khusus kuliner Padang, saya fokuskan ke gulai kepala kakap khas Padang saja, ya. Karena rumah makan atau restoran Padang bisa dijumpai di setiap jalan yang ada di Malang. Dan, rasanya menurut saya mirip-mirip. Tinggal kalau ingin yang rempahnya kuat bisa ke restoran Padang, tetapi kalau mau yang harganya murah bisa ke rumah makan/warung Padang.

Sementara untuk Gulai Kepala Kakap khas Padang yang rekomendasi untuk dicoba ada Jalan Puri Palma Megah, No. 6, Blimbing, Malang. Jam bukanya setiap hari, kecuali hari selasa, mulai jam 9 pagi sampai 8 malam. Kamu bisa memilih ikan kakap baik merah maupun putih dengan beragam ukuran.

Itulah Β beberapa rekomendasi kuliner nusantara yang bisa kamu coba saat di Malang. Mungkin rasanya tidak sama persis dengan tempat asalnya. Belum lagi urusan lidah, bagi masing-masing citarasa adalah hal yang relatif. Paling tidak, dengan kehadiran kuliner nusantara di Malang, kamu tak lagi jadi terbayang dan menjadi obat penawar rindu tatkala belum bisa pulang.

Selain beberapa kuliner nusantara di Malang yang sudah saya sebutkan, bisa jadi masih banyak kuliner-kuliner dari daerah lain yang belum termaktub. Maka dari itu, jika kamu kebetulan tahu, dan memang rekomendasi pastinya, jangan segan membagikannya di kolom komentar, ya.

Selamat memanjakan perut kawan-kawan.

Advertisements

37 thoughts on “Mudahnya Mencari Kuliner Nusantara di Malang

  1. banyak banget ya Tom kuliner indonesia di malang, banyak bgt mahasiswa dr penjuru nusantara di malang
    kayak salatiga dong, mau cari kuliner dr sabang sampe merauke ada

    kirain kuliner khas Madura itu bebek sinjay, sate madura, soto madura haha.. kuliner kabupaten kota di jatim pun beragam yah, aku pikir kupang lontong itu punya surabaya πŸ˜‰ beberapa masakan khas jatim ada yg mirip jateng, kaya tahu campur ada di salatiga, nasi tumpang di boyolali..

    aku yg belum nasi krawu sama nasi oncom tasik πŸ™‚

    Liked by 1 person

  2. kribolover says:

    Memang surga kuliner, gagal diet ta mengapa asal masuk surga hahahaha nice post.. terimakasih sudah berbagi. Kunjung jg ke blog sikribo
    cemilan bukan-bukan, bukan keripik bukan kerupuk tapi gurih dan renyahnya bukan main-main. Info order, agen, reseller dan dropship silah hub phone/WA 082250295001 (tras). http://www.sikribo.id

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s