Ini SAKUKU, Mana Sakumu?

2016_1110_06091700-01-01.jpeg

Sakuku, familiar nggak sih kalian dengan nama tersebut? Bukan saku-saku yang ada di pakaian itu lho, ya. Sebaliknya Sakuku ini adalah semacam aplikasi perbankan terbaru yang ditawarkan oleh BCA. Semacam dompet elektronik begitu.

Saya sendiri sudah sering menjumpai iklan tentang Sakuku, menemukan ATM yang ada tulisan ‘ATM ini bisa tarik tunai Sakuku’, hingga teman-teman yang dikit-dikit bilang, “Mau bayar pakai Sakuku.”

Jadi, apa sih Sakuku ini?

ngobrol-blogger-malang

Seakan semesta menjawab ketidaktahuan saya, di waktu yang hampir bersamaan datang undangan surel bertajuk ‘Ngobrol Bareng Blogger’. Dari flyer yang dikirimkan saya bisa tahu undangan ini datangnya dari BCA dan B Blog. Sementara dari alamat surelnya, undangan ini dikirimkan oleh Blogger Perempuan. “Sebuah undangan yang menarik,” pikir saya.

Karena kebetulan ada waktu senggang, saya pun mengonfirmasi kedatangan. Selain agar bisa kumpul bareng teman-teman blogger Malang yang lama tak bersua, saya juga ingin tahu banyak tentang Sakuku ini. Nah, tiba hari H, saya pun akhirnya menerobos hujan datang langsung ke lokasi blog gathering digelar.

Ternyata Bukan Sekadar Blog Gathering Biasa

Pikir saya karena surelnya dikirimkan oleh Blogger Perempuan, yang hadir malam itu perempuan semua. Nggak tahunya banyak juga lelaki yang tampak hadir. Ada banyak laki-laki juga yang hadir, tetapi jarang ada yang saya kenali. Itupun belum bisa saya pastikan apakah dia blogger atau bukan.

2016_1110_06475100-01-01.jpeg

Dugaan saya pun ternyata benar, beberapa tamu yang datang di event tersebut memang sebagian dari pihak BCA. Mereka sama-sama membaur dengan kami, para blogger. Malam kamis yang hujan di Golden Heritage Kaffee Malang itu pun jadi terasa penuh kehangatan.

2016_1110_06254000-01.jpeg

Oya, tadinya saya berpikir bakal ‘krik-krik’ karena dari semua peserta tampak nggak ada yang saya kenal. Namun, dari kejauhan ternyata terlihat Winda Carmelita. Dia adalah salah satu teman saya yang kebetulan juga anggota Blogger Perempuan. Paling nggak, dengan adanya dia, saya jadi ada teman bicara sembari menunggu acara dimulai.

Dari undangan yang dikirimkan, acaranya memang sesuai dengan tema, yaitu ‘Ngobrol Bareng Blogger Malang’. Acara berlangsung mengalir dan santai. Cuma ada yang berbeda. Sebelum acara utamanya dimulai, kami justru diminta makan lebih dulu. Barangkali panitianya tahu, kami khususnya saya, belum makan malam. Apalagi saat itu sedang hujan-hujan. Sontak, rasa lapar nggak bisa disembunyikan. Beruntung panitianya pengertian.

Kenyang menyantap hidangan buffet sambil ngobrol dengan peserta lainnya, pembawa acara mulai menyilakan pengisi acara naik panggung. Lagi-lagi dia bukan orang asing bagi saya. @henasatya twitter dan instagramnya. Ia adalah blogger yang juga beralih peran menjadi video creator asli Malang. Sesuai profesinya yang kedua, Hena mengisi obrolan seru malam itu dengan tips membuat video blogging (vlog) yang asyik.

Menurut Hena, poin utama untuk membuat vlog yang menarik itu ada pada konten dan konsistensi. Keduanya harus berjalan seimbang, agar bisa memikat banyak pengikut. Adapun untuk alat, konten video yang bagus nggak melulu butuh kamera canggih. Tinggal maksimalkan kamera yang dimiliki untuk meramu ide yang nggak biasa, menjadi konten video istimewa. Kalau Hena menggali ide dari observasi dan keresahan hati. Pendek kata, kesedihannya adalah kebahagiaan orang lain. Getir!

2016_1110_07452500-01-01.jpeg

Sementara untuk platform media sosial, Hena menyarankan konten video untuk diunggah di YouTube atau Instagram yang memang lebih banyak peminatnya. Sama halnya blog, vlog juga berpotensi mendatangkan pemasukan. Vlogger dengan jumlah pengikut besar biasanya akan lebih mudah dapat endorsement atau adsense (iklan). Dari situlah vlog yang mulanya sekadar hobi, selanjutnya menjadi profesi.

2016_1110_07235400-01-01.jpeg2016_1110_06484900-01-01.jpeg

Ngobrol berlanjut dengan tanya jawab yang dipandu oleh MC. Cukup banyak yang bertanya ke Hena, hingga live music yang dibawakan oleh BnB Band didengarkan lagi. Di sini Winda juga menyumbangkan suara epiknya lho. Membawakan lagu favorit hujan-hujan, Don’t Look Back in Anger dari Oasis. Usai selingan sejenak, kini giliran Miranti Dea, perwakilan BCA yang membagikan info menarik berupa BCA Surabaya Run 2016.

2016_1110_08345000-01-01.jpeg1

Acara tersebut bakal digelar di CitraLand Surabaya, pada 11 Desember 2016. Ada dua kategori yang dilombakan, yaitu kategori 10K dengan biaya pendaftaran Rp350 ribu dan kategori 5K sebesar Rp300 ribu. Jika kamu nasabah BCA, kamu cukup membayar Rp200 ribu untuk 10K dan Rp150 ribu untuk 5K. Juara pertama kompetisi ini bisa mendapatkan tabungan BCA sebesar Rp6 juta (10K) dan Rp3 juta (5K). Info pendaftarannya dapat kamu akses di www.bcarun.com.

Dari Miranti mikrofon lantas berpindah ke Diandra. Dia juga perwakilan BCA. Cuma memberikan info berbeda. Kali ini Diandra menjelaskan tentang produk unggulan BCA bernama Sakuku. Diibaratkan BCA Sakuku ini sebagai dompet elektronik yang dapat memudahkan segala transaksi perbankan. Khususnya saat hangout ramai-ramai bareng teman.

2016_1110_08375500-01-01.jpeg

23

Selain itu ada banyak keunggulan Sakuku. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membayar belanjaan di merchant fisik maupun online. Bahkan, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengisi pulsa sendiri, teman, atau minta diisikan pulsa oleh teman. Yang pasti bukan dalam bentuk SMS seperti mama/papa minta pulsa, tetapi via aplikasi yang dapat kamu unduh di App Store maupun Google Play. Bukan itu saja, kamu juga bisa menemukan beragam keunggulan lain dari Sakuku, seperti fitur split bill hingga tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA dari smartphone, dengan membaca info lengkapnya di www.bca.co.id/sakuku.

2016_1110_09171900-01-01.jpeg2016_1110_09470400-01.jpeg

Meski jam mulai menunjukkan jam 9 malam, tetapi kemeriahan blog gathering kali ini nggak surut-surut. Apalagi panitia juga mendatangkan komika kocak yang bikin kami tertawa lepas di malam jumat. Ups. Acara berakhir setelah Garuda dan Hendita, pasangan MC yang sedari awal membawakan acara bagi-bagi hadiah sambil bilang, “Ini SAKUKU, mana Sakumu?”

Advertisements

One thought on “Ini SAKUKU, Mana Sakumu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s